Internet Dan Jaringan (Network)

Hallo readers.. kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang membahas berbagai topik seputar internet dan jaringannya, dilengkapi dengan gambar dan video yang menarik. Point penting dalam postingan kali ini adalah sebagai berikut:

  1. Sejarah Internet
  2. Koneksi Internet Broadband
  3. IP Address dan Domain Name
  4. World Wide Web
  5. Fitur pada Browser serta Komponen Web
  6. Pencarian Efektif pada Web
  7. Manfaat dan Resiko Menggunakan Jejaring Sosial

Semoga bermanfaat. Happy reading…

A.    SEJARAH INTERNET

Sejarah ARPANET
Sejarah ARPANET

Internet atau kependekan dari interconnection-networking merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung dengan menggunakan suatu standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) yang digunakan sebagai protokol pertukaran paket untuk melayani miliaran pengguna yang terdapat di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar tersebut dinamakan dengan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan menggunakan kaidah ini dinamakan dengan internetworking (“antarjaringan”).

Internet merupakan suatu jaringan komputer yang sebelumnya sudah dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui suatu proyek ARPA yang disebut dengan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). ARPANET mendemonstrasikan bagaimana caranya suatu hardware dan software komputer yang memiliki basis UNIX dapat melakukan suatu komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk dari suatu jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi tersebut dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang telah mereka tentukan sekarang menjadi sebuah cikal bakal pembangunan protokol baru yang dikenal sebagai TCP/IP.

Tujuan awal proyek tersebut dibangun adalah untuk keperluan militer saja. Pada saat itu ARPANET dibuat sebagai suatu sistem jaringan komputer yang dapat tersebar dengan menghubungkan komputer yang berada pada daerah-daerah vital untuk mengatasi berbagai masalah apabila terjadi berbagai serangan seperti serangan nuklir serta untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, apabila terjadi suatu perang pada daerah tersebut dapat mudah untuk dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya dapat menghubungkan 4 situs saja, di mana mereka membentuk satu jaringan yang terpadu pada tahun 1969 dan secara umum ARPANET telah diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ARPANET tersebut berkembang sangat pesat di seluruh daerah, dan semua universitas ingin bergabung dengan ARPANET, sehingga membuat ARPANET mengalami kesulitan dalam mengaturnya.

Oleh sebab itu, ARPANET kemudian pecah manjadi dua, yaitu “MILNET” yang digunakan sebagai keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil yang digunakan sebagai keperluan non-militer. Gabungan kedua jaringan tersebut akhirnya mulai dikenal dengan nama DARPA Internet yang kemudian telah disederhanakan menjadi Internet

B. KONEKSI INTERNET BROADBAND

Awalnya, internet adalah sebuah kebutuhan untuk menukar data secara digital antar komputer. Pertukaran sebelumnya dilakukan dengan dial up, yaitu teknologi kabel telepon rumah dengan kecepatan 12.5 kbps saja, kemudian meningkat hingga 64 kbps. Kecepatan ini memang sangat rendah, namun bertahan cukup lama sampai muncul teknologi internet broadband yang semakin cepat.

Internet Broadband adalah istilah generik yang digunakan untuk berbagai jenis koneksi internet yang menggunakan teknologi broadband. Broadband dalam arti harfiah adalah jangkauan frekuensi luas yang digunakan untuk mengirim dan menerima data. Broadband atau jalur pita lebar ini digunakan untuk menunjukkan sifat media transmisi data dan kemampuannya dalam menyalurkan aliran data dan sinyal secara simultan. Media dapat berupa kabel koaksial, fiber optic, kabel telepon, atau tanpa kabel alias wireless. Kecepatan transfer data disebut dengan bandwidth, transfer data biasanya diukur dalam bit per detik (bps).

Koneksi internet broadband memiliki beberapa keunggulan, seperti :

  1. Browsing yang lebih cepat.
  2. Download yang lebih cepat untuk berbagai dokumen, foto, video, dan file lainnya.
  3. Dukungan fungsi telepon, radio, televisi, dan video konferensi.
  4. Jaringan private virtual atau VPN dan sistem pengendalian jarak jauh.
  5. Game online, terutama game yang berinteraksi dengan pemain lain dengan resolusi tinggi.

Ada berbagai jenis koneksi internet broadband, tergantung pada kecepatan, biaya dan ketersediaan. Beberapa jenis koneksi internet broadband :

Koneksi Internet Broadband ADSL Dan SSL

ADSL
ADSL

ADSL adalah koneksi broadband yang paling umum digunakan. Biasanya ADSL banyak digunakan untuk keperluan rumah dan komersial. Saluran digital ini dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa mengganggu saluran telepon. ADSL bekerja pada kecepatan 512 kbps keatas tanpa mengganggu kesibukan saluran telepon. Dalam kasus koneksi ADSL, kecepatan download lebih besar daripada kecepatan upload. Maka dari itu pada ADSL muncul istilah ‘asimetris’ karena perbedaan dalam kecepatan download dan upload tersebut.

SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)
SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line)

Berbeda dengan ADSL yang memiliki kecepatan download dan upload yang berbeda, SDSL (Symmetric Digital Subscriber Line) memiliki kecepatan upload dan download yang identik. Hal ini yang menyebabkan SDSL berguna untuk tujuan komersial dan bisnis yang memerlukan kecepatan upload yang tinggi. Walaupun biaya SDSL lebih mahal disbanding ADSL, namun untuk tujuan bisnis hal tersebut bukanlah suatu masalah.

Koneksi Internet Broadband Wireless

Internet Wireless
Internet Wireless

Koneksi internet nirkabel inilah yang menjadi kebutuhan kebanyakan masyarakat. Laptop, palmtop, dan ponsel memiliki koneksi internet nirkabel. Kecepatan proses download yang disediakan oleh jenis akses teknologi ini berkisar 128 kbps sampai 2Mbps.

 

 

Koneksi Kabel Internet Broadband

Koneksi kabel internet broadband
Koneksi kabel internet broadband

Pada koneksi ini, internet dapat diakses melalui sambungan TV kabel. Koneksi kabel internet broadband tersedia bersama dengan saluran TV kabel. Kecepatan koneksi internet broadband mulai dari 2 Mbps sampai 8 Mbps. Kecepatan download dan upload relatif sama dengan ADSL, namun koneksi kabel internet broadband lebih popular dibanding ADSL karena sambungannya secara luas digunakan di beberapa kota besar.

Koneksi Internet Broadband Satelit 

Koneksi satelit
Koneksi satelit

Semua bentuk koneksi  broadband internet yang dijelaskan di atas memiliki keterbatasan jangkauan secara geografis, koneksi internet Satelit broadband adalah solusi untuk masalah tersebut. Dalam jenis koneksi internet, satelit geostasioner menyediakan akses internet yang dapat diakses dimana saja. Kecepatan yang ditawarkan oleh koneksi internet satelit adalah 2 Mbps untuk download dan 1 Mbps untuk upload. Kecepatan ini lebih sedikit dibandingkan dengan koneksi broadband jenis lain. Kelemahan dari koneksi internet satelit adalah cuaca yang dapat mempengaruhi sinyal internet. Sehingga, jika cuaca buruk maka sinyal akan terganggu.

Koneksi Internet Broadband Serat Optik

Serat Optik (Fiber Optic)
Serat Optik (Fiber Optic)

Teknologi serat optik adalah teknologi yang relatif baru yang mengubah sinyal listrik ke sinyal cahaya. Sinyal ini ditransfer melalui kabel fiber optik. Ini adalah bentuk yang dapat diandalkan koneksi internet, tetapi dapat biaya perumahan penghalang bagi konsumen. Hari ini, berbagai bentuk Internet broadband menyediakan cakupan dan mobilitas terbatas pilihan. Teknologi ini berkembang dengan cepat untuk memenuhi persyaratan kecepatan dan kualitas layanan.

C.   INTERNET PROTOCOL (IP) DAN DOMAIN NAME SYSTEM (DNS)

Internet Protocol (IP)

Internet Protocol (IP) address adalah deretan angka biner antar 32-bit sampai 128-bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32-bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128-bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Fungsi IP Address adalah sebagai alat identifikasi Host atau antar muka, alamat lokasi pada jaringan komputer yang bersifat unik untuk tiap-tiap komputer dan digunakan juga pada jaringan internet. Internet Protocol juga memiliki tugas routing paket data antara jaringan, alamat IP dan menentukan lokasi dari node sumber dan node tujuan dalam topologi dari sistem routing. Untuk tujuan ini, beberapa bit pada alamat IP yang digunakan untuk menunjuk sebuah subnetwork. Jumlah bit ini ditunjukkan dalam notasi CIDR, yang ditambahkan ke alamat IP, misalnya, 208.77.188.166/24. Setiap protokol memiliki bit-bit ekstra diluar informasi/data yang dibawanya. Selain informasi, Bit Bit ini juga berfungsi sebagai alat kontrol. Dari sisi efisiensi, semakin besar jumlah bit ekstra ini, maka semakin kecil efisiensi komunikasi yang berjalan. Sebaliknya semakin kecil jumlah bit ekstra ini, semakin tinggi efisiensi komunikasi yang berjalan.

Domain Name System (DNS)
Domain Name System adalah distribute database system yang digunakan untuk pencarian nama komputer (name resolution) di jaringan yang mengunakan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Fungsi DNS Server (Domain Name System) adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address atau memetakan nama komputer menjadi IP address. DNS biasa digunakan pada aplikasi yang terhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail. Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat di implementasikan ke private network atau intranet dimana DNS memiliki keunggulan seperti:

  • Mudah – DNS sangat mudah kerana user tidak lagi disusahkan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
  • Konsisten – IP address sebuah komputer boleh berubah, tapi host name tidak boleh berubah.
  • SimpelDNS server mudah untuk dikonfigurasikan

Hubungan IP dan DNS

DNS adalah sebuah aplikasi services di Internet yang menerjemahkan sebuah domain name ke IP address, kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website. Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

DNS dapat disamakan fungsinya dengan buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internet memiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiap client yang akan mengkoneksikan komputer yang satu ke komputer yang lain, akan menggunakan host name. Lalu komputer anda akan menghubungi DNS server untuk mencek host name yang anda minta tersebut berapa IP address-nya. IP address ini yang digunakan untuk mengkoneksikan komputer anda dengan komputer lainnya.

Cara Kerja DNS bersama IP

Ketika kita akan membuka atau merequest url Domain tertentu, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti google.com, yahoo.com , facebook.com dan sebagainya.

DNS ini melakukan encode atau menerjemahkan dari domain google.com ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP misal google.com Ip nya adalah 208.67.219.231. Jadi bila kita masukan 208.67.219.231 pada browser maka juga akan membuka domain google.com tersebut.

Pada kesimpulannya nama domain berguna untuk identitas atau alamat dari suatu komputer untuk berhubungan dengan jaringan komputer lain, sama halnya seperti IP address, namun domain berbentuk huruf, dan IP Address berbentuk angka. Nama Domain juga dapat mempermudah manusia untuk mengetahui informasi lokasi dari suatu jaringan komputer.

D.   WORLD WIDE WEB

World Wide Web
World Wide Web

World Wide Web, biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.

WWW merupakan kumpulan peladen web dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi

WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet. Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).

Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain. Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hipertaut), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.

E.   FITUR BROWSER DAN KOMPONEN WEB

FITUR BROWSER

  1.  Google Chrome

Web Browser buatan Google ini mulai banyak digunakan oleh pencinta   internet, Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Google Chrome membutuhkan memory yang lebih sedikit dibandingkan dengan Mozila Firefox dan ukuran aplikasinya lebih kecil.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Drag and Drop Download, dapat dengan mudah menyeret download file dari chrome ke dekstop atau folder lain dikomputer.
  2. Resources Page, bagian ini berguna untuk webmaster dan siapa saja yang memiliki situs dan ingin tahu seberapa cepat situsnya di browser.
  3. Task Manager, untuk melihat sumber daya memori dan CPU yang dikonsumsi oleh setiap tab.
  4. Perhitungan cepat dari Addres Bar, dapat melakukan perhitungan dengan mengetikkan angka di address bar, seperti kalkulator, misalnya kiat ketikkan 12*5 dan tunggu sebentar maka akan muncul hasilnya
  5. Internet Explorer (IE)

IE adalah Web Browser bawaan dari Windows, ketika kita menginstall Windows kita langsung mendapatkan Internet Explorer langsung pada komputer kita, disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah browser web proprieter yang gratis dari Microsoft.

Fitur-fitur yang ada :

  1. Hardware Acceleration, fitur ini akan membantu ketika Anda sedang membuka website yang megandung konten grafis yang berat
  2. Add-on Performance Advisor, fitur satu ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan atau menghapus add on yang menurut Anda tidak perlu.
  3. Enhanced Tabs, fitur ini memungkinkan Anda memindahkan tab antar jendela dengan melepasnya dari tab bar dan memindahkannya ke jendela lain, dan halaman yang Anda buka masih tetap akan berjalan ketika tabnya Anda pindahkan.
  4. Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
  5. Download Manager, untuk membuat daftar tentang file yang kita unduh dari internet. Anda pun memungkinkan untuk melakukan jeda pada file yang akan Anda unduh, bahkan Download Manager ini pun memberikan peringatan kepada Anda jika file yang Anda unduh ini mengandung file yang berbahaya.
  6. Pin to Task salah satu keunggulan Internet Explorer adalah kemampuannya menyematkan alamat web ke dalam taskbar desktop Anda. Hal ini hanya berlaku untuk sistem operasi Windows 7 saja. Jadi jika Anda sering mengunjungi website tersebut, Anda bisa menggesernya ke dalam taskbar, dan Anda hanya perlu menekan ikon yang berada pada taskbar Anda untuk mengunjungi situs Anda tersebut, dan Anda bisa melihat pengaturan atau berita terkini tentang situs Anda hanya dengan menekan klik kanan pada mouse pada ikon tersebut.
  7. All in One Box, untuk melakukan pencarian web. Perbedaannya hanya terdapat pada search engine, jika Google Chrome menggunakan Google sebagai mesin pencarinya, maka Internet Explorer 9 menggunakan Bing sebagai search engine-nya.
  8. Opera

Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera browser juga menyediakan browser untuk perangkat mobile yang disebut juga operamini dan operamobile.

Fitur-fitur yang ada :

  1. Tab stacking adalah fitur baru dimana anda bisa mengumpulkan banyak tab didalam  sebuah tab. Ini sangat memudahkan anda yang akan  membuka banyak tab dan mengumpulkannya berdasarkan kategori tertentu, misalkan saja news anda kumpulkan dalam 1 tab dan social network juga anda kumpulkan dalam 1 tab sendiri.
  2. Mouse gesture, untuk memudahkan anda dalam mengendalikan browser secara cepat menggunakan gerakan mouse. Caranya sangat mudah sekali.cukup tahan dan tekan tombol kanan mouse anda dibrowser untuk mengetahui semua perintah mouse gesture yang bisa anda manfaatkan.
  3. Opera turbo,fitur ini penting ketika anda menggunakan koneksi dengan kecepatan yang lambat (wifi umum, dsb) ini juga bisa anda gunakan untuk menghemet biaya jika anda sedang menggunakan koneksi internet dengan biaya volume based.
  4. Opera link, untuk mensinkronisasikan data personalisasi opera seperti speed dial, bookmark, notes,dan data lainnya antara browser opera dikomputer anda dan browser opera didevise anda( opera mobile,opera mini, dll)
  5. Password manager, untuk memudahkan anda dalam mengisi username dan password. Anda cukup menyimpan password dan user name tersebut saat pertama kali mengakses website. Dan selanjutnya opera akan otomatis mengisikannya untuk anda.
  6. Flock

Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Photo Uploader, Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
  2. People Sidebar, sidebar yang satu ini merupakan media yang memudahkan kita untuk mengakses empat web site keren, yaitu Facebook, Flickr, Twitter, dan YouTube.
  3. Webmail, fitur untuk mencek email tanpa harus membuka langsung alamat webnya.
  4. Blog Editor, Aplikasi ini hampir mirip dengan addon Mozila Firefox, Performancing atau ScribFire. Bedanya, tentu saja, aplikasi ini telah disempurnakan dengan menambahkan fitur-fitur yang baru. Tidak hanya bisa digunakan untuk menulis draft sebuah posting dan melakukan publish semata, namun bisa juga untuk memasukan file multimedia yang tersebar di jejaring sosial ke blog yang kita miliki. Dengan menggunakan fitur ini, kita bisa dengan cara offline pada saat menuliskan artikel. Koneksi ke internet hanya digunakan pada saat kita membutuhkan untuk melakukan publikasi dari tulisan blog tersebut.
  5. Media Bar, Bar yang bakal muncul di atas halaman yang sedang kita navigasi ini bakal menunjukkan karya-karya keren dari user Flickr dengan aspek rasio 1:1. Walaupun agak menghalangi pandangan kita dalam bernavigasi, jika kita buka bar ini tentunya, foto-foto indah yang terpampang di sana akan membuat kita tersenyum dan melanjutkan browsing dengan menggeser-geser ke kanan foto-foto keren tersebut..
  6. Accounts And Services Sidebar, sidebar ini bakal ngebantu kita buat login ke beberapa website pilihan Flock, sehingga mempermudah akses kita. Sayangnya, sebaiknya tidak digunakan di shared computer..
  7. Web Clipboard, Dengan menggunakan fitur ini, kita dengan leluasa mengambil konten-konten dari web berupa teks, tautan ataupun gambar untuk disimpan dan dapat digunakan sewaktu-waktu dengan cara yang mudah, yakni cukup dengan cara click and drag.
  8. Safari

Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dibundel bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web default di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. tetapi sekarang safari memiliki versi Windowsnya

Fitur-Fitur yang ada :

  1. iCloud Tabs, melalui fitur ini kita bisa sinkronisasi data atau menyimpan file di iCloud.
  2. Offline Reading List, dapat menyimpan artikel menarik dalam satu daftar dan tidak menggunakan lagi koneksi internet untuk membuka artikel yang sudah ada pada Reading List.
  3. Photo Library, dapat mempermudah untuk mengupload photo dan video yang kita miliki.
  4. Nitro Engine, mengelola Aplikasi web lebih cepat
  5. Cover Flow, tampilan bookmark dan history lebih nyaman
  6. Smart Address Field
  7. Smart Search Field
  8. Avant Browser

Avant Browser adalah browser yang cepat, stabil, user-friendly, dan merupakan multiwindow browser. Memang engine yang dipakai adalah engine IE. Akan tetapi Avant Browser memiliki kelebihan dibandingkan IE.

Fitur-Fitur yang ada:                   

  1. AutoFills, membantu pengguna untuk menghafal password web, dan mengisi password untuk pengguna dengan 1 klik..
  2. RSS Reader, Memungkinkan pengguna untuk membaca RSS / ATOM feed seperti browsing halaman web. Dan pengguna dapat menyimpan feed favorit mereka sebagai penanda.
  3. Popup / iklan Blockers, Mudah menghilangkan banner AD yang tidak diinginkan, Flash iklan dan pop-up secara otomatis ke halaman bandwidth menyimpan.
  4. Melindungi Kerahasiaan, Melindungi privasi pengguna dengan menghapus semua jejak browsing: Typed URL, otomatis selesai, Cookie, Sejarah, Internet Files dll.
  5. Profil penyimpanan online, menyimpan pengguna ‘penanda, RSS Feeds, konfigurasi atau web password etc, dalam Avant Online Storage. Dengan cara ini, pengguna dapat mengakses data pribadi dari mana saja, kantor, rumah atau internet kafe, dan tidak perlu khawatir tentang kehilangan data ketika mereka kembali instalasi Windows
  6. Flash Animation Filter, Lebih dari 85% dari semua animasi flash di halaman web advertising. File flash ini dia akan besar, dan biasanya memakan waktu hingga 90% dari ukuran halaman yang anda kunjungi. Dengan Avant Browser Anda dapat menyimpan bandwidth oleh memblokir download file flash ini hanya dengan satu klik mudah. Avant Browser juga menyediakan pilihan untuk memblok download gambar, video, suara dan komponen ActiveX. Dengan pilihan ini pengguna dapat mengendalikan mereka bandwidth dan mempercepat loading halaman
  7. Multi-Window Browsing, user pada beberapa halaman web secara bersamaan. Semua halaman dapat dibuka dengan mudah dihentikan, refresh, tutup atau diatur dengan satu klik.
  8. Built-in Search Engine, Avant Browser menyediakan built-in mesin pencari. Dilengkapi dengan mesin pencari memungkinkan pengguna untuk mencari halaman web, gambar, grup, direktori, berita, lirik dan software di Internet
  9. Customizable Skins, Expresikan kreativitas Anda dengan membuat skin untuk menggunakan Avant khusus, mudah untuk menggunakan program bernama Avant Browser Skin, atau menggunakan salah satu dari banyak dan beragam skin yang dibuat oleh pengguna lain.
  10. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Web Browser berlogo kucing api ini menjadi pilihan untuk banyak pengguna internet diseluruh dunia.

Fitur-Fitur yang ada :

  1. Sync, fitur untuk mensinkronisasi data di browser seperti setting,  add-on, thema dan bookmarks dengan cara data-data tersebut di simpan di server kemudian ketika kita pindah computer atau memakai browser tersebut ditempat lain, kita bias mensingkronkannya dengan browser lama kita
  2. Inspektur Page View 3D
  3. CSS text-size-adjust
  4. Style Editor CSS
  5. Firefox Notification

KOMPONEN WEBSITE

I.  DOMAIN

DOMAIN

Domain adalah alamat sebuah website yang digunakan untuk mengakses sebuah website dengan cara mengetikkannya di browser yang ada di perangkat Anda yang terkoneksi ke internet. Contoh domain adalah www.kompasiana.com.

Ada beberapa level pada domain:

  1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang  nama domain seperti:.com (dotcommercial).net (dotnetwork).org (dotorganization).edu (doteducation).gov (dotgoverment).mil (dotmilitary).info (dotinfo)dllAda dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).
  1. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.
  1. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com. Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.

II.  HOSTING

web hosting

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web. Bisa juga diartikan sebagai tempat dimana data-data website disimpan, di-online-kan dan diolah oleh pengelola website.

Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah:

  • Space / kapasitas hosting: Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes.
  • Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya
  • Jumlah database: Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting.
  • Jumlah addon domain: Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting.
  • Jumlah akun email: Banyaknya akun email yang bisa Anda buat.

IV.  SERVER

server

Server adalah tempat dimana terdapat banyak hosting website diletakkan di dalamnya. Server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web.
Penggunaan paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web, namun pada prakteknya penggunaannya diperluas sebagai tempat peyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis.Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.Pemanfaatan server web saat ini tidak terbatas hanya untuk publikasi situs web dalam World Wide Web, pada prakteknya server web banyak pula digunakan dalam perangkat-perangkat keras lain seperti printer, router, kamera web yang menyediakan akses layanan http dalam jaringan lokal yang ditujukan untuk menyediakan perangkat manajemen serta mempermudah peninjauan atas perangkat keras tersebut.

V.  DATA CENTER

DATA CENTER

Data Center adalah tempat dimana banyak server diletakkan dan di-online-kan di dalamnya ke seluruh dunia. Data Center dilengkapi dengan teknologi yang sangat canggih seperti sarana pengaturan hawa udara juga penyaluran listrik karena server-server yang ada di dalamnya harus dipastikan online 24 jam penuh tanpa henti agar website-website yang tergabung di dalamnya mampu diakses kapanpun juga dimanapun oleh para pengunjungnya yang menggunakan perangkatnya masing-masing yang terkoneksi ke internet. Selain itu, keamanannya pun sangat ketat karena tak sembarangan orang bisa masuk untuk mengantisipasi sabotase server. Contoh Data Center yang ada di Jakarta adalah di Gedung Cyber dan Gedung Tifa Kuningan. Ada juga di IDC Duren Tiga.

Berdasarkan fungsinya, data center dibagi menjadi 2 kategori umum yaitu:

  • Internet Data Center : hanya untuk mendukung aplikasi terkait dengan Internet saja, biasanya dibangun dan dioperasikan oleh service provider atau perusahaan yang memiliki model bisnis berdasarkan pada Internet commerce.
  • Corporate/Enterprise Data Center : mendukung semua fungsi yang memungkinkan berbagai model bisnis berjalan pada layanan Internet, intranet, dan keduanya.

Fungsi pada Komponen Data Center:

  • Daya (Power Capacity) : Bertanggung jawab untuk mendistribusikan kekuatan untuk peralatan listrik / elektronik.
  • Pendingin (Cooling Capacity) : mendinginkan mesin agar mesin tidak terlalu panas.
  • Kabel (Cabling): digunakan untuk menyambungkan/menghubungkan setiap komponen.
  • Temperatur dan kontrol kelembapan (Temperature and humidity control) : menyesuaikan suhu yang tepat dan kontrol kelembaban, built-in filter udara dan mampu dipantau dari jarak jauh dengan peralatan yang sesuai.
  • Sistem pengaman kebakaran (Fire and smoke system) : mempekerjakan sampling udara terus menerus dan mendeteksi partikel yang dipancarkan selama tahap awal kebakaran.
  • Keamanan fisik (Physical security): digunakan sebagai pelindung untuk melindungi kontak fisik dari luar,seperti benturan,dll.
  • Ruang rak dan lantai (Rack space and raised floor) : rak digunakan untuk penyimpanan server di data center dan untuk pemanfaatan ruang yang lebih baik. Kebanyakan data center memiliki lantai terangkat. Bertujuan untuk memberikan ruang tambahan di bawah untuk pemasangan kabel dan tujuan ventilasi.

V.  CPANEL

cPanel

Cpanel adalah kontrol panel terproteksi. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Untuk masuk perlu username dan password. Informasi alamat akses Cpanel dan login ada dalam email aktivasi hosting. Cpanel sendiri ditampilkan dalam format web base, yang berarti bisa kita akses melalui browser internet, seperti Opera, Google Chrome, dll. Fungsi Cpanel adalah sebagai jembatan perintah-perintah teknis ke program-program pendukung website yang berada di web server. Program pendukung website misalnya database MySQL, Apache/LiteSpeed, PHP, dll. Karena fungsinya sebagai jembatan, maka web designer bisa mengelola kebutuhan website. Beberapa diataranya adalah:

– Membuat atau menghapus alamat email
– Menciptakan email forwarder
– Membuat atau menghapus nama/user database MySQL
– Upload file-file website dan database
– Mengatur konfigurasi PHP
– Melihat statistik pengunjung website
– Konfigurasi keamanan (security) folder/website
– Pengaturan sub domain/parkir domain dan tambahan domain (addon domain)
– Install instan script website, misal wordpress, joomla, dll.

VI.  CMS

CMS

CMS(Content Management System) merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mengelola dan memfasilitasi proses pembuatan,pembaharuaan,dan publikasi content secara bersama (Collaborative Management System). CMS adalah software online untuk memasukkan, mengelola dan mengembangkan data-data online website dengan cara penggunaan yang sangat mudah dimana tujuan dari diciptakannya CMS ini memang adalah untuk memudahkan kita-kita yang belum memahami kode-kode HTML, PHP dll yang bagi pemula tentu sangat rumit. Yang penting sudah bisa main internet walaupun baru sekedar di Google, Yahoo, Bing, Facebook dan Twitter, sudah dasar yang cukup untuk menggunakan CMS. Terdapat dua CMS yang terkenal dan paling banyak digunakan yaitu Joomla dan WordPress. Selain itu terdapat pula PHPbb, AuraCMS, Mambo, Moodle, dan banyak lagi.

F.   PENCARIAN EFEKTIF PADA WEB

Berikut adalah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mencari secara efektif dan efisien di google:

1. Gunakan kata kunci yang spesifik
Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik karena Google adalah sebuah mesin yang tidak mungkin bisa memahami kebutuhan informasi yang diinginkan oleh masing-masing orang.

2. Gunakan kata kunci yang lebih bervariasi
Jika Anda belum menemukan informasi yang ingin Anda dapatkan meski telah menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, cobalah menggunakan variasi kata kunci yang lain. Sebagai contoh ketika Anda mengetikkan kata “LTE concept” dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka mencoba mencari dengan kata kunci “LTE tutorial” sebagai sebuah alternatif.

3.  Gunakan kalimat tanya
Mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga dapat digunakan sebagai alternatif. Sebagai contoh ketika Anda ingin menemukan informasi soal DLNA, Anda dapat menggunakan kalimat tanya “apa itu DLNA?”. Hasilnya dengan memakai kalimat tanya tersebut selain lebih relevan.

4. Gunakan “tanda kutip”
Bila menggunakan Google untuk mencari informasi tentang ponsel dengan fitur DLNA dengan mengetikkan “DLNA enabled phone” hasil yang didapatkan belum tentu berkaitan dengan merek dan model ponsel yang telah mendukung konektivitas DLNA. Agar hasil pencarian yang diinginkan lebih relevan, gunakan salah satu trik google yaitu tanda kutip menjadi “DLNA Enabled Phone”. Dengan cara tersebut, Google akan menghapus hasil pencarian yang tidak berkaitan dengan topik yang dicari.

5. Gunakan tanda plus (+) dan Min (-)

  • Tanda (+)
    Untuk menambahkan kata yang ingin dicari pada pencarian informasi. misalkan “kematian tokoh manga” (ingat pakai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh naruto saja . Maka cukup anda tulis di “kematian tokoh manga” +naruto. Hasilnya selain mencari keyword “kematian tokoh manga” google juga akan menempatkan hasil pencarian teratas jika ada keyword “naruto”.
  • Tanda (-)
    Tanda ini digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Ini dikarenakan google mengindex semua halaman yang dianggapnya penting, termasuk iklan, berita, bookmarking, dan sebagainya.

Sebagai contoh ketika mencari soal psikotes, namun yang muncul adalah iklan dari orang yang menjual soal psikotes. Maka dari itu tanda (-) dapat digunakan untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal psikotes” -iklan

6. Kode filetype untuk mencari format informasi yang diinginkan
Informasi di internet sangatlah beragam dan memiliki format yang bermacam-macam. Untuk mencari data dengan format yang diinginkan dapat dilakukan dengan cara menambahkan kode filetype:”tipe “. Sebagai contoh, ketika mencari soal psikotes dalam bentuk file pdf, kata kunci dapat berupa “soal psikotes” filetype:pdf.

FITUR PENCARIAN DASAR GOOGLE

  • AND : Mencari informasi yang mengandung kedua kata yang kita cari. contoh sistem informasi maka masukan sistem and informasi atau sistem+informasi
  • OR : Mencari infornasi yang mengandung salah satu dari kedua kata. contoh saus or sambal atau saus | sambal
  • FRASE : Mencari informasi yang mengandung frase yang dicari dengan menggunakan tanda ” “. contoh “perangkat lunak”
  • NOT : Hasil pencarian yang mengandung kata yang di depan, tapi tidak dibelakang (-).contoh, kucing -persia kata tersebut akan menampilkan hasil pencarian kata kucing tapi tidak untuk persia
  • SINONIM (~) : Mencari kata beserta sinonim-sinonimnya. contoh, ~negara akan membawa hasil pencarian negara dan sinonim-sinonimnya.
  • ASTERIK (*) : Karakter pengganti kata. dari contoh, hasil yang didapat bisa: ayam bakar pedas, ayam goreng dan lainnya ayam*pedas
  • TANDA TIKIK(.) : Karakter pangganti kata. Dari contoh ko.i dari contoh bisa didapatkan koki, kopi dan lainnya.
  • CASE INSENTITIVE : Pencarian digoogle menangkap kapital dan bukan kapital sebagai sesuatu yang sama. Jadi Bloger, bLoger, BloGER semuanya akan membawa pancarian yang sama
  • PENGABAIAN KATA : Google mengabaikan keyword berupa karakter tunggal dan kata-kata berikut : a, about, an, and, are, as, dan lainnya. tapi misalnya kita inginkan juga bisa dengan
  • menggunakan karakter + di depan kata yang di cari (Misal : “SWars Episode + I”)
  • I’M FEELING LUCY : Akan membawa kita langsung menuju ke hasil pencarian pertama query kita.
  • FITUR PENCARIAN LANJUT: Fitur untuk mencari dengan kriteria-kriteria tertentu, misalnya negara, bahasa, type file, update terakhir, dll
  • DEFINE : Mencari definisi dari sebuah terminologi. Dari contoh di bawah, hasil yang didapat adalah berbagai definisi tentang cyberlaw dari berbagai sumber. define:cyberlaw
  • CHACE : Menampilakn situs web yang telah diindeks oleh google meskipun sudah tidak aktif lagi. cache:oldsite.co.cc
  • LINK : Menampilkan daftar link yang mengarah ke sebuah situs. Contoh link:transiskom.com
  • RELATED : Menampilkan daftar situs yang serupa, mirip atau memiliki hubungan dengan suatu situs. Contoh related:transiskom.com
  • INFO : Menampilkan informasi yang google ketahui tentang sebuah situs.
  • contoh info:transiskom.com
  • FILETYPE : Menampilkan jenis pencarian yang berupa extensi file tertentu. sedangkan jenis filenya adalah : doc, xls, rtf, swf, ps, lwp, wri, ppt, pdf, mdb, txt dan lainnya. Contoh : belajar php filetype:pdf
  • ALLINTITLE : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam TITLE halaman. Contoh allintitle:jaringan komputer
  • INTITLE : Menampilkan satu kata yang dicari di dalam TITLE halaman. Contoh intitle:jaringan komputer
  • SITE : Menampilkan pencarian khusus di suatu situs yang ditunjuk. Contoh: jaringan komputer:transiskom
  • INURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Menghasilkan daftar URL yang mengandung kata pancoran. Contoh inurl:pancoran
  • ALLINURL : Menampilkan seluruh kata yang dicari dalam URL. Contoh dibawah akan menghasilkan daftar  URL yang mengandung kata pancoran. allinurl:pancoran

Lihatlah video berikut:

G.   MANFAAT DAN RESIKO MENGGUNAKAN JEJARING SOSIAL

social-media-images

Kehadiran internet sebagai media baru (new media) yang semakin hari semakin dimanfaatkan kalangan masyarakat luas dari berbagai lapisan untuk berkomunikasi, kemudian lahirlah istilah baru yang sering disebut media sosial. Media sosial dalam tulisan ini dimaksudkan sebagai bagian dari media online di mana para penggunanya dapat melakukan interaksi secaramudah untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Dampak Positif:

  • Sebagai tempat promosi Dengan banyaknya orang yang menggunakan jejaring sosial, membuka kesempatan kita untuk mempromosikan produk/jasa yang kita tawarkan
  • Ajang memperbanyak teman, Dapat menambah teman baru maupun relasi bisnis dengan mudah
  • Sebagai media komunikasi, Mempermudah komunikasi kita dengan orang-orang, baik dalam maupun luar negeri Tempat mencari informasi, Banyak juga instansi pencari berita yang menggunakan media sosial sebagai media penyeberannya
  • Tempat berbagi, Dengan fitur yanga ada pada media sosial kita dapat dengan mudah saling bertukar data baik berupa foto, dokumen, maupun pesan suara

Mengingat media sosial adalah milik semua orang, artinya semua orang boleh menggunakannya maka perlu disadari pula bahwa “pergaulan di dunia maya yang tak terbatas” ini ternyata juga mengundang dampak berupa risiko dan bahaya yang perlu diketahui serta dipahami untuk kemudian diantisipasi.

Dampak negatif:

  • Cyber Bullying, yaitu kekerasan menggunakan media internet dapat berupa pelecehan melalui tulisan, pencemaran nama baik, penghinaan, ancaman, fitnah dan lainnya
  • Konten Ilegal, yaitu konten yang bertentangan dengan peraturan perundangan seperti perjudian online, prostitusi online, human trafficking (perdagangan manusia) online, pornografi dan lainnya
  • Pelanggaran Hak Cipta, yaitu hak ekslusif yang dimiliki penciptanya kemudian diambil begitu saja (tanpa izin) dan selanjutnya diperbanyak, apalagi untuk tujuan komersial
  • Cyber Stalking, yaitu pelecehan melalui internet terhadap seseorang/kelompok orang atau organisasi. Misalnya: tuduhan palsu untuk merusak reputasi korban dengan posting informasi palsu.
  • Munculnya tindak kejahatan, Banyak juga orang yang menggunakan media sosial sebagai alat untuk melakukan kejahatan seperti contohnya penculikan dan penipuan
  • Menimbulkan sifat candu, Media sosial juga dapat menimbulkan candu yang dapat mengakibatkan sifat penggunanya menjadi autis atau lebih menutup diri pada kehidupan sekitar.

Demikian sederet informasi yang dapat disampaikan.

Semoga bermanfaat…


Referensi dan sumber :

Wikipedia.2015.Sejarah Internet. https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

Yusuf Ilham S.2015.Internet Broadband: Pengertian dan Jenis-jenis dan Koneksi Internet Broadband: http://yusufilham.web.ugm.ac.id/2015/09/12/internet-broadband-pengertian-dan-jenis-jenis-koneksi-internet-broadband/

Muhammad Yovi.2014.Pengertian Internet dan Sejarah Internet: http://woocara.blogspot.co.id/2015/02/pengertian-internet-dan-sejarah-internet.html

Gado-gado informasi.2010.Apa yang dimaksud dengan internet broadband?: https://inconcept.wordpress.com/2010/02/05/apa-yang-dimaksud-dengan-koneksi-internet-broadband/

Ryan Adianto.2011.Pengeretia IP Address dan Domain Name Server: http://dhableg.blogspot.co.id/2011/10/pengertian-ip-address-dan-domain-name.html

Eko.2015.Fungsi IP Adress: http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-ip-address/

Eko.2015.Fungsi DNS Server : http://www.fungsiklopedia.com/fungsi-dns-server/

Hasbihtc.2013.Pengertian dan Fungsi IP Adress : http://www.hasbihtc.com/pengertian-dan-fungsi-ip-address.html

Wikipedia.2016.World Wide Web: https://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

Pangeran Aditya.2015.Komponen website: Domain, Hosting, Server, Data Center, C Panel dan CMS: http://www.kompasiana.com/pangeranaditya/komponen-website-domain-hosting-server-data-center-c-panel-cms_551a2d03813311dc7e9de107

Alvy Kurniawan.2016. Komponen-Komponen Web: http://vianuza.blogspot.co.id/2015/06/komponen-komponen-web.html

Putra Aminullah.2012.Jenis-Jenis Browser dan fitur yang ada: http://trhyputra07.blogspot.co.id/2012/12/jenis-jenis-browser-dan-fitur-fitur.html

Agus Setiawan.2015.Tips & Trik pencarian di Google yang efektif dan efisien: http://www.transiskom.com/2015/07/tips-trik-pencarian-di-google-yang.html

Rajawali Nusindo.2015.Dampak positif dan negatif menggunakan sosial media: http://nusindo.co.id/dampak-positif-dan-negatif-menggunakan-sosial-media/

Kompasiana.2015.Medial sosial ajang pertukaran informasi manfaat dan bahayanya: http://www.kompasiana.com/waluya.2014/media-sosial-ajang-pertukaran-informasi-manfaat-dan-bahayanya_54f717e8a3331198408b464c

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *