CLOUD STORAGE

cloud-storage

Cloud Storage atau komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.

Cloud computing sistem pada dasarnya adalah menggunakan Internet-based service untuk mensupport  business process. Kata-kata “Cloud” sendiri merujuk kepada simbol awan yangdi dunia TI digunakan untuk menggambarkan jaringan internet (internet cloud ).

Layanan cloud storage memiliki banyak keuntungan dan kelebihan lain dari pemilihan dan penggunaan media penyimpanan online. Banyaknya kelebihan Online Storage sebagai penyimpanan file online membuat pengguna banyak yang menggunakan Cloud Storage sebagai penyimpanan utama. Namun, penyimpanan komputasi juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan “cloud storage”

A.    KELEBIHAN CLOUD STORAGE

662px-cloud_computing-id-svg

  1. Dapat difungsikan sebagai penyimpanan utama maupun backup

Penyimpanan secara online sekarang banyak yang difungsikan sebagai penyimpanan utama, bukan hanya sekedar untuk backup saja. Pengguna dapat dengan mudah langsung mengupload ke Online Storage. Kapasitas yang ditawarkan juga cukup luang, sangat cocok untuk menyimpan file-file pekerjaan ataupun tugas.

  1. Tidak perlu menyediakan media penyimpanan fisik sendiri

Penyimpanan online bersifat virtual, pengguna tidak perlu menyimpan dalam disk secara fisik. Penyedia layanan yang akan menyediakan disk secara fisik pada servernya sehingga pengguna tidak akan kerepotan lagi mengelola tempat penyimpanan data secara fisik.

  1. Tidak memakan tempat

Karena Cloud Storage tidak memerlukan kepemilikan media penyimpanan secara fisik, maka pengguna juga tidak perlu pusing penempatan media penyimpanannya. Coba saja bandingkan dengan penggunaan flashdisk atau Memory Card yang kecil ukurannya, mudah sekali hilang atau terselip sehingga perlu tempat khusus untuk menyimpan.

  1. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja dengan Internet

Cukup dengan akses internet dan gadget, maka Media Penyimpanan Online sudah dapat diakses. Tidak perlu lagi membawa-bawa hardisk eksternal atau hardisk, atau memory card kemana-mana. Lebih praktis dan sederhana dibanding menggunakan media penyimpanan fisik. Data juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja ketika terhubung dengan internet.

  1. Harga lebih murah

Harga yang ditawarkan media penyimpanan online jauh lebih murah dibandingkan jika membeli media penyimpanan fisik. Beberapa penyedia bahkan menyediakan penyimpanan dengan kapasitas Unlimited untuk user premiumnya dengan harga yang terjangkau. Beberapa provider Cloud Storage juga memberikan beberapa Gigabyte secara cuma-cuma yang dapat dimanfaatkan tanpe perlu membayar apapun.

  1. Dapat dibuka dan diedit secara Online

Penyedia layanan media penyimpanan online yang kredibel biasanya menyediakan fasilitas editing data secara online cukup dengan bermodalkan browser saja. Google Drive misalnya sudah terintegrasi dengan Google Docs untuk keperluan editing dokumen. File data yang dapat diedit secara online biasanya file dokumen office dan file multimedia.

  1. Privasi data lebih terjaga

Kerahasiaan pengguna jelas menjadi jaminan. Alasan utamanya adalah karena user sendiri yang bisa mengakses dan mengelola secara penuh akunnya. Pengguna lain tidak akan bisa mengakses akun pengguna lainnya karena untuk mengakses akun diperlukan login username dan password. Bandingkan dengan menggunakan flashdisk atau disimpan pada hardisk, maka pengguna lain akan dengan mudah mengetahui data apa yang tersimpan jika flashdisk atau perangkat penyimpanan dipinjam misalnya.

  1. Mudah untuk dipublish secara umum

Online Storage biasanya juga menyediakan fitur untuk berbagi atau share. Dengan fitur ini, pengguna dapat membagikan file atau data yang disimpan pada media penyimpanan online kepada pengguna lain atau bahkan diakses pengguna secara umum yang tidak terdaftar pada penyedia layanan.

  1. Dapat memilih kapasitas sesuai kebutuhan

Besar kapasitas penyimpanan yang ditawarkan penyedia layanan satu dengan yang lain berbeda-beda dari hanya beberapa Gigabyte hingga Unlimited atau tak terbatas. Biasanya juga ditawarkan dalam beberapa paket sesuai dengan besar kapasitas dan kemudahan upgrade atau penambahan ruang penyimpanan. Pengguna dapat memilih mana yang sesuai dengan kebutuhannya sehingga tidak terjadi kelebihan kapasitas atau kekurangan kapasitas.

 

B.   KEKURANGAN STORAGE

pengertian-cloud-storange-dan-fungsi-cloud-storange

  1. Harus Terkoneksi dengan Internet

Karena berbasis online, mau tidak mau kamu harus punya akses internet untuk mengakses data yang kamu simpan. Ditambah jika kamu ingin menggunakan data tersebut, kamu juga harus mengunduhnya terlebih dahulu. Terlebih untuk file dengan ukuran besar kamu akan membutuhkan bandwith yang cukup banyak dan tentunya waktu yang tidak sedikit untuk mengunduhnya.

  1. Situs Maintenance

Mungkin ini bisa menjadi masalah besar bagi pengguna Cloud Storage. Tentu jengkel rasanya saat kamu harus mengakses data yang kamu simpan via cloud namun ternyata situs yang kamu gunakan sedang mengalami perbaikan (maintenance) . Hal seperti ini memang sangat jarang terjadi, tapi tetap saja membuat pengguna kesal.

C.   PERBANDINGAN CLOUD STORAGE DAN DIGITAL STORAGE

NO. CLOUD STORAGE DIGITAL STORAGE
1. Hemat biaya Relatif lebih mahal
2. Bisa diakses dimana saja Akses terbatas, harus menggunakan media fisik penyimpan.
3. Hemat waktu, data dapat langsung di share ke perangkat yang diinginkan Memakan waktu, karena penyebarluasan data dilakukan satu persatu
4. Hemat tempat, tidak memerlukan media penyimpanan fisik. Memerlukan media penyimpanan fisik.
5. Resiko kehilangan data kecil Memiliki resiko kehilangan data
6. Dapat memilih kapasitas dan meng-upgrade space data sesuai kebutuhan. Kapasitas sesuai dengan perangkat media penyimpanan yang kita miliki, space tidak dapat diperbesar
7. Kecepatan akses berdasarkan internet. Kecepatan berdasarkan perangkat yang digunakan masing-masing.
8. Harus menggunakan koneksi internet Tidak menggunakan koneksi internet.

 

 

 

 

 

referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan

http://sraportofolio.blogspot.co.id/2013/03/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-computing.html

http://ipankint.com/internet/kelebihan-menggunakan-media-penyimpanan-online-onlinecloud-storage/

http://www.teknosee.com/2016/06/kelebihan-dan-kekurangan-cloud-storage-untuk-menyimpan-data.html

https://www.maxmanroe.com/cloud-storage-teknologi-penyimpanan-digital-masa-kini-2.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.